SELAMAT DATANG DI BLOG KIKI IRMALA SARI

Selasa, 03 Juli 2012

motivasi belajar

Bentuklah Kelompok Belajar
Belajar bersama dapat menimbulkan motivasi yang besar sehingga membantu kita mencapai sasaran. Sebaliknya, kita akan malas bahkan malu untuk belajar di antara teman – teman yang sedang bermain sambil tertawa – tawa. Teman yang rajin akan membuat kita merasa belajar serius adalah biasa.
Rencanakan apa yang akan dilakukan pada saat belajar bersama, misalnya mengerjakan soal latihan, memperkirakan soal ujian dan mencari jawabannya.
Berpeganglah Pada Rencana Waktu
Adanya rencana waktu sebagai pegangan dapat membantu meningkatkan motivasi kita. Bila kita merasakan motivasi mulai surut (biasanya pada pertengahan semester), upayakan dengan keras agar kita dapat tetap berpegang pada rencana waktu. Dengan ini kita akan mendapati bahwa motivasi dapat kembali diraih. Paling tidak untuk menyelesaikan tugas sesuai rencana.
Ambil Jeda Pada Saat Belajar
kita tidak mungkin belajar terus menerus selama tiga jam. Strategi yang baik yang perlu kita terapkan adalah setiap belajar 50 menit ambil jeda 10 menit. Sebagian orang memerlukan jeda setelah belajar 30 menit. Tapi karena belajar 30 menit tidak terlalu lama, maka istirahatnya tidak lebih dari 5 menit. Setelah suatu waktu belajar yang panjang (misalnya 4 jam diselingi jeda), kita dapat mengambil jeda 1 atau 2 jam dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Adanya jeda ini akan mencegah kejenuhan yang dapat menurunkan motivasi.
Semoga Berhasil!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar